3/05/2012

Food Microbiology



Semester akhir menjadi waktu yang paling krusial bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang melaksanakan penelitian ataupun magang untuk memenuhi kredit 6 SKS yang diambil pada akhir tahun ini. Ada dua yang bisa diambil mahasiswa untuk memenuhi kredit tugas akhir mereka, magang dan penelitian. Opsi kedualah yang menjadi pilihan saya, walaupun sebenarnya opsi pertama yang menjadi prioritas saya sejak awal. Namun takdir berkata lain, dan saya akhirnya ‘menjabat erat’ pilihan kedua. Penentuan antara opsi pertama dan kedua memerlukan waktu yang tidak sebentar, mulai dari sebelum masuk semester 7 saya sudah konsultasi mengenai topik apa yang akan saya ambil sebagai tugas akhir nanti, dan kata ‘magang’ selalu saja terucap kala itu. Namun dosen pembimbing menghendaki lain, hingga palu diketok kata ‘penelitian’ lah yang diucap terkahir kali.

Baiklah, penelitian sudah ditetapkan. Sekarang apa yang akan menjadi topik tugas akhir saya? Di departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, terdapat 5 ranah atau bidang keahlian yang dapat dipilih mahasiswa sesuai dengan minatnya. Bidang keahlian tersebut antara lain : Mikrobiologi Pangan, Kimia Pangan, Biokimia Pangan, Rekayasa dan Proses Pangan, dan Applied Science. Sempat bingung ketika disuruh menentukan apa yang akan menjadi topik penelitian saya, jujur saya bukan tipikal orang yang suka meneliti sesuatu walaupun kadang rasa ingin tahu saya tinggi. Awalnya ketika dosen mengajukan topik, beliau menyarankan ke bidang Rekayasa dan Proses Pangan. Namun, setelah saya pertimbangkan, saya mundur dari topik tersebut. Kedua, topik Biokimia Pangan yang beliau sarankan kepada saya, setelah beberapa pekan, akhirnya saya juga menyerahkan kembali topik itu kepada dosen saya. Dan pada pertemuan terakhirlah yang menjadi topik penelitian saya hingga saat ini, Mikrobiologi Pangan.

Dan untuk beberapa bulan ke depan, laboratorium pangan menjadi rumah ketiga saya. Semoga apa yang saya kerjakan diberikan kemudahan oleh Allah agar ke depannya tidak menemui hambatan yang berarti. Semangat penelitian ^_^

*sebenarnya cerita mengenai bagaimana saya bisa sampai ke topik ini sudah saya posting di sini*

8 komentar:

  1. whahaha post nya ini, pengen di komen bgt nih hehe
    lanjutkan kak, saya juga suka mikpang~ tapi ada tetangga yg ngambil penelitian mikpang, dan nakut2in duluan jd gimanaaa gitu hahaha
    mending rekayasa aja, lebih nge foodtech gitu kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe . .iseng bikin curhatan tentang lika liku menuju penelitian.
      :D

      kamu suka mikpang?
      kalo saya nggak begitu suka sih, tiap kuis dapetnya jelek soalnya.
      hoho.

      memang rada susah sih kerja di mikrob, karena kita bekerja dengan makhluk hidup.
      kalo kata mbak Ari (laboran mikrob di PAU), pas kita mau plating mikrobanya diajak bicara, diajak ngobrol biar seneng.
      :D

      tp kalo rekayasa krg ada feelnya klo menurut saya lho, tinggal cari formulasi terbaik, diuji, jadi deh.
      beda ama mikrob, ada suka dukanya, ada asem manis pahitnya, lengkap pokoknya.
      :p

      Hapus
  2. wah..ada microbiologybrotherhood juga neh.. penelitian dilabor mikro InsyaALLAH tdk sesulit yg dibayangkan orang2.. Semoga lancar penelitiannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh . .ada expertnya microbiology.
      :p

      kalo di jurusan saya, kebanyakan mahasiswanya selalu 'menghindari' topik mikrob mbak, kata mereka penelitiannya lamaaaa.
      :D
      kemarin juga sempat ngdown pas 2x nyoba tapi belum ada hasil yang diharapkan.
      alhamdulillah dapet 'wejangan' dari senior-senior yang udah malang melintang di dunia per-mikrob-an, jadinya semangat lagi deh.
      hehe.

      Hapus
    2. secara teori aja sukanya kak. hehe
      kalau rekaya mnurut desi banyak di teknologinya, enak kan bikin sesuatu yg bisa dimakan haha dan nyari ada apa sih dibalik hal yg biasa itu.. simpel tapi berkesan eaa haha
      *padahal mah gak milih mikrob, krn ga terampil sama yg mikro2, rentan dan ringkih

      Hapus
    3. hehe . .ya kalo memang passionnya di rekayasa pangan mending ke situ aja.
      karena ngelakuin penelitian without passion sama aja 'bunuh diri', udah lulusnya ntar lama, setengah hati pula ngelakuin penelitiannya.

      Hapus
  3. semoga penelitiannya diberikan kemudahan..aamiin.

    BalasHapus

Welcome to my "freak" blog site.
You don't have to send the greatest note in the world or come up with clever phrases.
Just let them know you appreciate it.
When have you ever wished someone hadn't thanked you?
Any comments are very meaningfull for a better the writing writer's.
^_^
arigatou gozaimashu.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...