3/04/2012

Prinsip hidup



Jadilah pribadi yang memiliki prinsip hidup yang kuat. Hal ini penting agar kamu tidak bingung, ragu, dan terombang-ambing menentukan sebuah keputusan. Cobalah bayangkan lima sampai sepuluh tahun dari sekarang, diri kita ingin menjadi apa? Bicaralah kepada nurani, renungkanlah tujuan hidup, kenali bakat dan hobi, serta pelajarilah kelebihan dan kekurangan. Dalam konteks ini, nilai-nilai di sekolah, nasihat teman-teman, dan mengerjakan sejumlah tes bakat, bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan. Termasuk, tentu saja, shalat istikharah jika diperlukan.

Kita harus membuatnya jernih dan jelas, agar mantap melangkah dan bisa memaksimalkan seluruh potensi diri yang ada. Semakin clear, semakin baik, sebab tidak ada perang batin di dalam diri. Semakin kabur tujuan kita, semakin mudah kita dipengaruhi orang lain. Bisa-bisa kita terombang-ambing oleh banyaknya masukan yang diterima. Kita harus yakin dan percaya diri dengan pilihan kita meski kadang tidak popular dan tampak sulit. Yakinlah bahwa kita bisa jika berusaha dengan cara yang benar, efektif dan efisien.

Setelah pilihan kita jelas, susunlah strateginya. Fokuskan perhatian kepada bidang yang kita ingini, pelajarilah dengan semangat dan tekun, serta tentukan target-target kecil untuk mencapai tujuan kita. Selain itu, kita juga bisa mencari figur sukses di bidang yang sama. Pelajarilah berbagai tips dan rahasia suksesnya, baik dari buku, kaset, vcd, atau seminar, serta sesuaikanlah dengan kondisi kita. Modifikasikan dengan karakter pribadi diri agar kita menemukan cara yang unik. Hal ini jauh lebih mudah daripada kita berusaha menemukan cara sukses sendiri.

Selain berdoa kepada Allah agar Dia memudahkan langkah kita, rajinlah melakukan evaluasi secara berkala. Hal ini untuk menjamin jalan yang kita tempuh sudah di atas jalan yang seharusnya, tidak menyimpang dan sesuai target. Buatlah perubahan jika memang diperlukan agar lebih sesuai dengan kondisi yang sudah berubah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome to my "freak" blog site.
You don't have to send the greatest note in the world or come up with clever phrases.
Just let them know you appreciate it.
When have you ever wished someone hadn't thanked you?
Any comments are very meaningfull for a better the writing writer's.
^_^
arigatou gozaimashu.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...