9/30/2012

feel alone?!



Kesepian makanan apaan sih? Itu bukan makanan, tapi minuman! Hadeh! Kesepian itu kondisi hati. Ketika kamu ngerasa kalau dunia ini menjadi sangat tidak nyaman. Kamu ngerasa bahwa orang orang di sekitar kamu tidak mampu memberi kenyamanan baik pada hati ataupun pikiran. Saat ngobrol tidak nyaman, saat becanda tidak nyambung, saat berdiskusi tidak menarik, dan saat dibutuhkan tak ada satu pun yang bisa menyembuhkan.

Kondisi saat diri merasa tidak dibutuhkan. Tidak ada orang yang memedulikan hadirnya kita. Tidak ada pula orang yang memberi perhatian pada diri kita. Akhirnya kita merasa terbuang, tersisih, dan tidak dipergunakan lagi. Wow, apakah separah itu?

Ya tidak semua remaja mengalami kesepian sampai separah itu sih. Cuma, sekarang ini sedang menggejala penyakit kesepian di kalangan remaja kita. Mereka memilih lari kepada teknologi komunikasi, gadget, internet dan media pelarian lainnya.

Mengapa kamu bisa merasa kesepian, meski kamu berada di tempat ramai, kenapa masih terasa sepi? Jawabannya karena kesepian itu berhubungan dengan hati, bukan tempat. Perasaan ini timbul karena hati kita kosong dan tidak merasakan kasih sayang. Kamu merasa tidak dimengerti oleh siapapun, dan tidak seorangpun berkehendak untuk memahami kamu. Kamu ingin seseorang yang sungguh-sungguh ada bagi kamu, kamu ingin diperhatikan. Kamu ingin disayangi dan dipedulikan. Kamu ingin merasa diperlukan.

Lalu bagaimana cara kamu mengatasinya?
Pertama, cobalah untuk menyibukkan diri dengan ibadah. Beramallah dengan amal shalih yang kamu suka dan nikmatin. Kamu sukanya apa, shalat atau dzikir? Lakukanlah dengan rutin, maka itu akan menjadi energi pengusir kesepian yang sangat mantab. Tidak ada satupun ruang tuk ngerasa sepi. Hati selalu sibuk dengan pikiran-pikiran kebaikan. Semakin dekat sama Allah, hati nggak bakalan merasa sepi. Allah jadi teman setia. Allah jadi satu satunya Dzat yang bisa mendengarkan kita setiap saat. Saat yang lain acuh, cuek dan tidak peduli, Allah selalu peduli pada kita. Allah kasih kita kenikmatan hidup, keindahan diri dan kesempatan beramal. Tanpa putus, tanpa henti.

Kedua, carilah komunitas. Teman itu akan menguatkan. Sahabat itu akan membuat kita semakin hebat. Komunitas itu akan membuat kita semakin mampu bersemangat. Akan ada orang orang yang membutuhkan kita. Menyayangi kita. Mencintai kita. Dan mampu melejitkan semangat kita bersama sama. Dengan komunitas itu kita akan menemukan ruang tuk mengekspresikan hati dan pikiran.

Hadapailah rasa sepi itu dengan sabar. Terimalah kondisinya. Kelak kita akan belajar dewasa, bahwa kesepian tidak harus dilawan dengan melakukan kesalahan. Bergaul yang salah, atau bahkan melakukan hal hal yang dilarang. Tetaplah shalih di masa masa sulit ini. Kita akan menuai hasil yang indah pada saatnya nanti.

7 komentar:

  1. "Hadapailah rasa sepi itu dengan sabar. Terimalah kondisinya. Kelak kita akan belajar dewasa, bahwa kesepian tidak harus dilawan dengan melakukan kesalahan."

    suka gaya bahasanya, ringan dan mengena.
    Nice post. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah kalau bisa dipahami.
      :D
      soalnya saja tuh nggak bisa nulis yang 'berat-berat', maklumlah golongan darah B, simple minded
      hehe.

      Hapus
  2. tenang...selama saya masih jadi blogger, saya temani anda di sini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuphh . .yuphh . .
      alhamdulillah banyak teman-teman blogger yang masih tetap setia 'menemani' dengan tulisan-tulisannya, jadi ngga ngerasa sendirian di 'dunia' ini.
      hehe.
      :D

      Hapus
  3. Let me tell u this, if u meet a loner, no matter what they tell u, it's not because they enjoy solitude. It's because they have tried to blend Into the world before, and people continue to disappoint them-Jodi Picoult, My Sister's Keeper-

    BalasHapus
    Balasan
    1. indeed!
      sometimes, a loner wanna feel togetherness with the others too.
      but, they seems can't reveal what they really wanted.
      thats why, they still feel lonely even in a crowded place.

      Hapus

Welcome to my "freak" blog site.
You don't have to send the greatest note in the world or come up with clever phrases.
Just let them know you appreciate it.
When have you ever wished someone hadn't thanked you?
Any comments are very meaningfull for a better the writing writer's.
^_^
arigatou gozaimashu.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...