11/12/2011

.kemauan dan kemampuan.


 Di mana ada kemauan di situ ada jalan. Betapa dahsyatnya makna sebuah kemauan, sehingga berbagai hal yang seolah tidak mungkin pun menjadi mungkin. Sudah banyak pencapaian manusia diberbagai belahan bumi, pada mulanya hanyalah sebuah kemauan. Kemauan membentuk keajaiban dunia, kemauan membentuk kota-kota, bahkan kemauan membentuk negara-negara. 

Sebenarnya hari-hari kita dalam dua puluh empat jam berisi sekian banyak kemauan, mulai dari hal-hal yang kecil, sedang sampai yang besar. Dibalik benak seseorang tersimpan beragam kemauan saat ini, hari ini, minggu ini, bulan ini, tahun ini atau sepanjang hidup ini. Bagaimana jadinya jika kehidupan dijalani tanpa kemauan, sulit diprediksi bagaimana masa kini dan masa depannya. Oleh sebab itu tumbuhkan kemauan dan terus perbesar, sehingga bisa terwujud. Tentu saja asalkan kemauan itu positif dan produktif. 

Ketika dalam pikiran terbersit kemauan yang baik, maka jangan ditunda-tunda, perbesarlah, visualisasikan sehingga gambarannya jelas. Kemauan biasanya bermula dari sebuah inspirasi yang datang dari mana saja. Inspirasi itu menari-nari di sekitar kepala kita, begitu banyak dan bertaburan seperti bintang di langit. Nah, bintang  mana yang harus segera ditangkap. Apakah bintang yang paling berkilau atau bintang yang kelap-kelip dan malu-malu. 

Terkadang serba mau menghinggapi pikiran kita, mau ini – mau itu, namun tidak ada kemampuan untuk memilih dan mengeksekusi kemauan mana yang akan diwujudkan. Sehingga akhirnya kehidupan dijalani dengan keraguan atau kebimbangan, tak lain karena kemauannya tidak jelas. Seseorang yang banyak maunya biasanya sulit berkonsentrasi, kecuali kalau bisa memilah, memilih dan memprioritaskan kemauan yang mana yang segera didahulukan perwujudannya. 

Gantungkanlah cita-citamu setinggi langit, begitu kata Bung Karno. Pengertiannya kemauan itu harus setinggi langit, jangan tanggung-tanggung. Tanamkanlah kemauan untuk mencapai kesuksesan puncak, karena pendakian sudah dimulai. Sangat disayangkan jika hanya mandek di tengah perjalanan, sehingga posisi terkatung-katung, puncak pencapaian pun tidak diraih. 

Untuk mewujudkan kemauan harus ada kemampuan dan keseriusan. Mau tapi tidak serius, ya tidak akan nada pencapaian. Begitu pula mau tapi tidak mampu. Kemampuan akan mengikuti kemauan, seperti kata pepatah di atas, di mana ada kemauan di situ ada jalan, di mana ada kemauan di situ ada kemampuan. Makin besar kemauan, makin lebar jalan, makin besar kemampuan, dan peluang pencapaian  makin terbuka lebar, keberhasilan atau sukses pun segera menjelma.

“The great thing in the world is not so much where we stand, as in what direction we are moving.” ~ Oliver Wendell Holmes

8 komentar:

  1. bener sebener2nya, setuju abis2an, jadi semangat abis2an \(^o^)/

    BalasHapus
  2. ampe semangatnya abis ya yuf?!
    bagus . .bagus . .
    lanjutkan nak.
    :D

    BalasHapus
  3. emmphh ga ga, smgt ga boleh abis! hahaha, baiklah papsky! :p
    lg lg chal bikin tulisan macam ini, inspiratif :)

    BalasHapus
  4. *celingak-celinguk* *kaburnaeknaga*

    BalasHapus
  5. man jadda wa jadda..
    jika kita semangat sungguh-sungguh pasti kita kan dapat hasil yg maksimal..^,^

    BalasHapus
  6. Yufi :
    kalo nulis kayak gituan perlu semedi dulu satu bulan yuf, biar dapet wangsit dulu baru bisa nulisnya.
    hoho.

    AdLnPt :
    wahhh . .dia maen kabur aja, kejar pake Nightmare *naga yang di film How to tran your dragon*
    :D

    Rizki :
    man jadda wa jada masbro yang bener.
    beda arti ntar kalo pake tasjid dua-duanya.
    :D

    BalasHapus
  7. setuja ^___^
    jika ada niat untuk mau melakukan sesuatu, maka yakinlah bahwa kita mampu untuk melakukannya atas izin dan pertolongan dari Nya

    BalasHapus
  8. Erma :
    luwih asik nek sejuta ma ketimbang setuja.
    hehe.
    hasil itu sebanding dengan usaha dan doa, jadi ya intinya sama aja kayak hasil itu sama dengan kemauan ditambah dengan kemampuan dikali dengan doa.
    :D

    BalasHapus

Welcome to my "freak" blog site.
You don't have to send the greatest note in the world or come up with clever phrases.
Just let them know you appreciate it.
When have you ever wished someone hadn't thanked you?
Any comments are very meaningfull for a better the writing writer's.
^_^
arigatou gozaimashu.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...