8/27/2011

.android : the green mini robo.




Perkembangan teknologi memang tak ada habisnya. Seakan-akan setiap hari ada saja hal terbaru yang diluncurkan dan diperbarui, kali ini saya akan mencoba mengulas sedikit tentang android. Mengapa android? Sebenarnya saya juga tidak begitu paham tentang sistem operasi Android, tapi ada satu hal unik yang membuat saya tertarik dengan operating system Android ini. Coba saja search di site yang paling lengkap dengan kata kunci ‘versi android’ dan buka link paling atas (a.k.a wikipedia), maka akan muncul sejarah singkat berkembangnya OS Android itu. Yang menarik adalah, mulai dari Android versi 1.5 (cupcake) sampai dengan yang terbaru yaitu versi 4.0 (ice cream) semua menggunakan nama makanan, apa mungkin yang membuat sistem operasi Android pertama kali itu lulusan Ilmu dan Teknologi Pangan ya?! *hehe*

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia. –sumber-

Berikut perkembangan sistem operasi Android mulai dari versi yang menggunakan nama makanan :


Android versi 1.5 (Cupcake)
Android versi 1.6 (Donut)
Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
Android versi 2.3 (Gingerbread)
Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
Android versi 4.0 (Ice Cream)


perkembangan OS Android versi gambar

Apa sih yang membedakan dari semua sistem operasi itu? Bagi pemula (seperti saya) pasti akan bertanya seperti itu. Ada beberapa keunggulan yang saya tau dari sistem operasi ini.
 

Keunggulan Android Pertama : selalu lebih baik
Adanya perbaikan yang dilakukan secara terus menerus pada setiap versi Android menjamin keunggulan di setiap performa maupun fiturnya. Android 4.0 (Ice Cream) yang merupakan versi terbaru dari Android bahkan menjanjikan penambahan keunggulan Android dari kualitas yang signifikan.

Keunggulan Android Kedua : magnet Google
Nama baik Google yang melekat pada sistem operasi Android menjadi daya tarik tersendiri yang mampu menggaet banyak peminat. Kelebihan Android yang satu ini sudah tentu sulit untuk ditandingi. Nama besar Google di dunia maya akan membuat konsumen yakin bahwa OS mobile ini memang OS terbaik. Apalagi jika dibandingkan dengan OS lain yang belum jelas keunggulannya.

Keunggulan Android Ketiga : banyak dukungan vendor kelas atas
Keunggulan Android berikutnya adalah dukungan penuh vendor kelas atas yang kuat, baik itu vendor dari mobile phone sendiri maupun vendor dari perangkat lunak dan perangkat kerasnya.  Keunggulan Android ini mampu melonjakkan popularitas serta kemampuan Android. Selain keunggulan lain yang dapat diperoleh dari dukungan vendor kelas atas tersebut sehingga memperkuat keunggulan Android di antara OS mobile yang lain.

Masih banyak keunggulan Android jika dibahas satu per satu. Bagi teman-teman yang mau menambahkan keunggulan Android yang lain atau berdiskusi lebih jauh, bisa dilakukan lewat komentar.

4 komentar:

  1. likes this post..

    nah kek ginian aja Mas yg dipost..

    sangat informatif dengan gaya bahasa mengena.. hhe, walaupun tak semuanya juga..

    Temenku ada yg buad blog ttg android, kekx dia suka bgt ma android..

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. mbak asysya :
    wahh . .saya itu kalo posting tergantung mood mbak.
    Kadang posting tentang cerita jalan-jalan (naik gunung, touring, dll), kadang posting tentang komputer dan desain, kadang posting tentang mahabbah juga.
    Jadi ya ga bisa kalo disuruh posting kayak gini terus.
    -..-

    yahh..maklumlah, saya memang belum bisa nyederhanain bahasa saya kalo udah ngomong tentang teknologi, bingung nyari istilah gampangnya.

    Iyakah?!
    Punya tmen yg 'doyan' android jg mbak?
    Bisa minta link'nya?
    Biar nanti bisa diskusi.
    .hehe.

    mbak jun :
    nope, just share and look for the information bout a new smartphone operating system which is become a popular one today.
    Coz it's interesting enoug to discuss bout it.

    BalasHapus
  4. hhe, siph"..

    ni linknya ^^ http://choepoe.blogspot.com/2011/07/sedikit-lagi-high-end-android-be-mine.html

    BalasHapus

Welcome to my "freak" blog site.
You don't have to send the greatest note in the world or come up with clever phrases.
Just let them know you appreciate it.
When have you ever wished someone hadn't thanked you?
Any comments are very meaningfull for a better the writing writer's.
^_^
arigatou gozaimashu.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...